Pages

Sabtu, 20 Mei 2023

PSTQ Ponpes Karangasem Paciran Studi Kaligrafi di Meseum Istiqlal TMII Jakarta


Padepokan Seni dan Tilawatil Quran (PSTQ) Pondok Pesantren (Ponpes) Karangasem Paciran Lamongan mengadakan kunjungan studi Kaligrafi di Museum Istiqlal Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, hari Rabu (17/5/2023).

Crew PSTQ Karangasem berangkat dari Paciran Lamongan terdiri dari wakil kepala sekolah bidang kesiswaan; Hj Siti Mutohhiro, MPd (SMPM Jipat) dan Nur Kholis, MPd (SMAMEnam/SMA Muhammadiyah 6). Guru pembina kaligrafi (Ziham Azhar, SPdI dan Akbar Almubasyir, SPd), serta santri peminat ekstrakurikuler seni kaligrafi di sekolah.

Sedangkan nama-nama santri PSTQ Karangasem yang mengikuti kunjungan studi kaligrafi ke Jakarta; Nabila Zahida, Bunga Rachmi Dewi, dan Nawwaf Dzia’ul Haq (SMPM Jipat), Mumtahanah Najiyah dan Fatkhul Mu’jizin (MAM Saka), serta A’idatus Salsabila (SMAMEnam/SMA Muhammadiyah 6).

Ketua rombongan, sekaligus wakil kepala SMPM Jipat Hj Siti Mutohhiro, mengatakan, “Tujuan utama kunjungan PSTQ Karangasem ke Museum Istiqlal TMII Jakarta adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang kaligrafi bagi guru pembina dan santri peminat ekstrakurikuler seni kaligrafi,” pungkasnya.

 


Berdasarkan keterangan guru pembina kaligrafi, Cak Ziham, kepada repoter lintasjatimnews, “Di Museum Istiqlal TMII terdapat museum Bayt Alquran dan museum Mushaf Alquran, serta perpustakaan yang menyimpan koleksi buku-buku tentang sejarah kaligrafi dan sejarah tulisan Arab yang dapat dijadikan referensi mempelajari lebih mendalam tentang kaligrafi,” kata guru Seni Rupa SMPM Jipat.

Sementara itu, Akbar Almubasyir, SPd, akrab dipanggil Cak Akbar, menuturkan, “Di Museum Istiqlal TMII terdapat 30 lebih lukisan kaligrafi berbahan atau media kain dengan desain batik yang sangat bagus-bagus dan menarik. Kaligrafi yang dipamerkan di museum ini merupakan koleksi kaligrafi juara tingkat nasional dari tahun ke tahun,” tuturnya.

“Alhamdulillah, hari ini kita dapat tambahan wawasan dan keilmuan sejarah dan perkembangan kaligrafi, serta jenis-jenis kaligrafi kontemporer. Luar biasa, pokoknya berkesan,” pungkas pria yang menjabat sebagai kepala TU SMPM Jipat.

Setelah puas berkeliling Museum Istiqlal TMII Jakarta dengan mengabadikan lewat kamera. Crew PSTQ Karangasem bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan dengan agenda hari berikutnya berkunjung Lembaga Kaligrafi (Lemka) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

https://lintasjatimnews.com/2023/05/17/pstq-ponpes-karangasem-paciran-studi-kaligrafi-di-meseum-istiqlal-tmii-jakarta/


0 komentar:

Posting Komentar