Pages

Senin, 04 Maret 2024

KWU SMAM 6 Praktik Olah Kripik Singkong

 


KWU SMAM 6 Karangasem Paciran Lamongan Jawa Timur praktik mengolah Kripik Singkong bertempat di Dapur KWU sekolah, Rabu (7/2/2024).

Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Kewirausahaan (KWU) SMA Muhammadiyah 6 (SMAM 6) Karangasem Paciran Lamongan Jawa Timur. Mereka yang tergabung dalam tim ini  antara lain, Azzaliah, Renata Habibulan, Naurah Mufidah, Alifiah Rahmah, Salma Nabila, Naila Athirah, dan Acah. Semuanya berasal dari siswa Kelas X, XI, dan XII SMAM 6.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan, Luluk Mursyidah SPd menuturkan kegiatan praktik KWU ini merupakan program unggulan sekolah.

“Siswa diajarkan mengolah Kripik Singkong, serta bagaimana cara memasarkannya,” ujarnya.

Dia mengatakan produk Kripik Singkong tersebut menjadi produk baru dari beberapa produk yang sudah dihasilkan oleh tim KWU selama ini. Di antaranya seblak kering, seblak basah, cireng, dan basreng kering.

Dia menuturkan, pelaksanaan praktik berlangsung dengan lancar. Durasi waktu praktik dimulai dari pukul 14.00-16.00 sore hari. Biaya praktik siswa berasal dari dana ekstra sekolah. Dengan dana tersebut, siswa membelanjakan kebutuhan bahan praktik. Antara lain, singkong dan minyak goreng.

Luluk Mursyidah mengatakan hasil olahan tim KWU ini dipasarkan di kantin sekolah. Dan biasanya setiap ada bazar, tim KWU selalu membuka stand penjualan untuk memasarkan produk-produk makanannya.

Sementara itu Koordinator Program KWU SMAM 6, Nur Imamah SPd MPd mengatakan jadwal praktik KWU SMAM 6 dilakukan setiap dua pecan dua kali.

“Di samping untuk membekali skill siswa SMAM 6 agar terampil di bidang olahan makanan, harapan kami, siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi maupun yang tidak melanjutkan kuliah, mereka dapat hidup lebih mandiri,” ulasnya.

Salah satu siswa, Alifiyah Rahmah yang tergabung dalam tim KWU sekolah menyatakan kegembiraannya.

“Saya sangat senang bergabung dalam tim KWU ini. Karena dengan adanya program ini, saya menjadi lebih kreatif dan mencoba menu-menu baru dalam hal jajanan,” ungkapnya. (*)


https://pwmu.co/339757/02/09/kwu-smam-6-praktik-olah-kripik-singkong/


0 komentar:

Posting Komentar